Artikel Terkini

√ 12 Menu Buka Puasa Tradisional di Berbagai Daerah Indonesia

√ 12 Menu Buka Puasa Tradisional di Berbagai Daerah Indonesia
√ 12 Menu Buka Puasa Tradisional di Berbagai Daerah Indonesia 1

Apa menu buka puasa tradisional favorit di setiap daerah ? Indonesia adalah negara yang memiliki aneka ragam makanan. Setiap daerah punya menu favorit saat berbuka puasa di bulan Ramadhan. Selain kolak pisang, ada berbagai menu makanan tradisional yang biasa disantap saat buka puasa tiba. Berikut ini adalah 12 menu buka puasa di berbagai daerah di Indonesia:

1. Mie Caluk (Menu Buka Puasa Khas Aceh)

Mie Caluk adalah makanan khas Aceh yang biasa diburu saat berbuka puasa. Mie Caluk adalah menu buka puasa tradisional yang harganya merakyat. Mie Caluk terbuat dari adonan tepung berbentuk kecil panjang. Jenis mie yang dipakai adalah mie lidi yang direbus terlebih dulu. Kemudian mie dicampur dengan racikan bumbu hingga matang.

menu berbuka tradisional Aceh

Setelah itu, Mie Caluk disiram dengan kuah kental saus cabai dan bumbu kacang. Tidak lupa, mie ditambahkan potongan sayur, irisan mentimun, dan kerupuk. Porsi mie caluk tidak terlalu banyak sehingga cocok dijadikan selingan untuk mengganjal perut. Penjual Mie Caluk banyak ditemui di pasar tradisional dan kawasan kuliner di Pidie Jaya.

2. Bubur Kampiun (Sajian Manis Khas Sumatera Barat)

Bubur kampiun adalah bubur khas Minangkabau, Sumatera Barat. Bubur ini terbuat dari campuran ketan putih yang dikukus, bubur putih atau bubur sumsum, bubur ketan hitam, kolak pisang atau ubi, kacang hijau, dan bubur conde atau candil. Rasa manis dari bubur ini membuat banyak orang di daerah Minangkabau mengkonsumsinya saat berbuka puasa.

menu buka puasa tradisional sumatera barat

Hebatnya, penjual bubur kampiun membutuhkan ketelitian tinggi dan waktu lama untuk membuatnya. Proses pembuatan bubur kampiun, meliputi pemasakan air, pemotongan bahan, pemerasan santan, hingga pengadukan ketan hitam dan bubur sumsum. Semuanya dilakukan secara terus menerus. Pedagang bubur kampiun banyak ditemukan di Pasar Raya Padang.

3. Otak-Otak (Menu Buka Puasa Favorit di Palembang)

Bagi masyarakat Palembang, otak-otak yang dicampur kuah cuka adalah menu wajib saat buka puasa. Biasanya masyarakat Palembang memakan otak-otak dengan es kacang merah. Otak-otak adalah makanan yang terbuat dari olahan ikan tenggiri. Daging ikan tenggiri dicincang lalu dibungkus dengan daun pisang. Setelah itu, adonan dipanggang dan saat dikonsumsi dicampur dengan kuah cuka atau kuah asam pedas.

menu buka puasa tradisional palembang

Pedagang otak-otak selalu kebanjiran orderan saat bulan Ramadhan. Alasan masyarakat Palembang suka makan otak-otak karena mudah didapatkan dan praktis dimakan. Porsi otak-otak tidak terlalu banyak sehingga saat dimakan tidak membuat perut terlalu kenyang berlebihan. Dengan begini, orang-orang bisa melanjutkan shalat maghrib setelah makan otak-otak.

4. Bingka Kentang (Menu Berbuka Khas Kalimantan Timur)

Bingka kentang adalah menu berbuka puasa khas Kalimantan Timur. Kue bingka sebenarnya berasal dari daerah Kalimantan Selatan, namun kue ini juga sangat populer di Kalimantan Timur. Bingka adalah makanan favorit suku khas Banjar. Karena suku Banjar banyak tersebar di dua daerah tersebut, makanya kue ini sangat digemari di Kalimantan Timur dan Selatan.

menu buka puasa tradisional kalimantan timur

Kue Bingka terbuat dari campuran tepung terigu dan kentang. Cara memasaknya adalah dibakar di atas api arang atau kompor. Biasanya kue ini dipanggang dengan cetakan berbentuk bunga. Selain bingka kentang, ada juga bermacam jenis bingka lain, seperti bingka tapai, bingka labu, dan bingka pandan. Bingka kentang memiliki rasa yang lembut dan manis. Makanan ini cocok dikonsumsi saat berbuka puasa sambil ditemani teh manis hangat.

5. Ketan Bintul (Menu Buka Puasa Khas Banten)

Ketan Bintul adalah makanan berbuka paling favorit di Banten. Menu makanan ini sudah populer sejak jaman kesultanan Banten. Menu makanan ini terbuat dari bahan dasar beras ketan. Adonan ketan tersebut kemudian dikukus dan dicampur santan. Setelah itu, ketan ditaburi dengan serundeng atau empal daging.

menu buka puasa tradisional banten

Ketan bintul adalah makanan berbuka puasa favorit warga Banten di bulan Ramadhan. Makanan ini memiliki tekstur lembut dan gurih. Penjual ketan bintul bisa kamu temukan di Pasar Lama kota Serang.

6. Mie Glosor (Menu Berbuka Khas Bogor)

Mie Glosor memiliki tekstur licin. Mie ini terbuat dari bahan tepung aci atau kanji yang diolah menjadi mie basah siap masak. Warna kuning mie berasal dari kunyit. Biasanya mie glosor digoreng lalu dicampur dengan sayuran seperti kol dan sawi hijau. Setelah matang, mie kemudian disajikan dengan gorengan dan sambal kacang.

menu buka puasa tradisional bogor

Nama Glosor diambil dari tekstur mie. Saat dimakan mie akan langsung melorot atau ngelongsor ke dalam perut. Di bulan Ramadhan, mie ini dijual dalam bentuk siap saji. Bagi kamu yang ingin mencobanya, mie ini bisa ditemukan di wilayah Bogor dan Sukabumi.

7. Dawet Telasih (Minuman Buka Puasa dari Solo)

Dawet Telasih adalah minuman yang biasa dikonsumsi saat berbuka puasa. Minuman ini tidak hanya segar tapi juga mengeyangkan. Dawet Telasih terbuat dari ketan hitam, tape ketan, jenang sumsum, biji telasih, dan lalu dicampur cairan gula dan santan. Jika ditambah es batu, es Dawet Telasih akan menyegarkan tenggorokan yang kering setelah seharian berpuasa.

menu buka puasa tradisional solo

Es Dawet Telasih bisa ditemukan di Pasar Gede, Solo. Minuman takjil manis pengusir dahaga ini adalah salah satu minuman yang paling banyak dicari warga Solo saat berbuka puasa. Nama telasih diambil dari bahannya karena ada bahan yang terbuat dari tanaman selasih. Bahan berbentuk bintik hitam ini akan memberi sensasi berbeda saat menyeruputnya.

8. Kicak (Makanan Berbuka Khas Jogja)

Kicak adalah makanan tradsional khas Yogyakarta yang biasa dimakan saat berbuka puasa. Makanan ini terbuat dari bahan singkong yang diparut lalu dikukus. Setelah itu, bahan makanan dicampur dengan parutan kelapa yang sudah dimasak. Makanan ini biasa dijadikan takjil saat buka puasa. Rasanya gurih dan pas untuk ganjal perut sebelum makan-makanan berat.

menu buka puasa tradisional jogja

Warga Jogja mengenal makanan ini sebagai “Takjil Khas Kauman,” atau kampung legendaris di Jalan Ahmad Dahlan yang jadi tempat lahirnya Muhammadiyah. Kicak dijual dalam bungkus kecil. Makanan ringan ini punya rasa manis yang cukup kuat, dan bagi yang tidak biasa makan manis mungkin butuh waktu untuk terbiasa.

9. Sate Susu (Menu Buka Puasa Favorit Bali)

Sate susu adalah makanan favorit umat muslim di Bali. Berbeda dari sate ayam dan sapi, sate susu terbuat dari puting susu sapi. Bagian puting susu ini dipotong berbentuk dadu kemudian direbus. Setelah itu, sate diberi bumbu yang berasal dari tepung beras yang dicampur santan. Adapun rempah-rempah yang dipakai terbuat dari bahan kencur, cabai merah, cabai rawit, dan bawang putih.

menu buka puasa tradisional bali

Sate susu bisa ditemukan di sepanjang jalan Ahmad Yani, Denpasar, Bali. Lokasi tepatnya ada di dekta Masjid Baiturrahman. Banyak orang menyukai sate susu karena rasanya sangat enak dan empuk. Namun sayangnya, bahan utama untuk membuat sate susu saat ini sulit ditemukan.

10. Es Pisang Ijo (Takjil Berbuka Puasa di Makassar)

Es Pisang Ijo adalah menu takjil khas Makassar. Menu  ini paling banyak diburu warga Makassar menjelang berbuka puasa. Makanan ini terbuat dari pisang raja yang dibalut adonan tepung berwarna hijau. Proses memasaknya yaitu dengan cara dikukus.

menu buka puasa tradisional makassar

Pisang raja dipilih sebagai bahan dasar pisang ijo karena punya tekstur yang padat meskipun dalam keadaan matang. Es Pisang Ijo disajikan dengan es serut, sirup rasa pisang ambon, dan saus santan. Jika pisang hijau dipotong-potong, dalam mangkuk es akan ada campurna warna meriah, seperti: hijau, kuning, merah muda, dan putih.

11. Kue Asida (Sajian Khusus Khas Maluku Utara)

Kue Asida adalah sajian khas yang banyak dicari saat bulan Ramadhan. Makanan ini banyak ditemukan di Maluku Utara, khusus kota Ternate. Kue khas Maluku ini terbuat dari bahan terigu, gula merah, kapulaga, daun pandang, dan kayu manis. Bentuk makanan ini mirip dodol dan banyak yang menyebutnya sebagai dodol ala Ambon.

menu buka puasa tradisional maluku

Kue Asida bentuknya bulat dan punya warna cokelat kekuningan dan di bagian tengahnya ada bulatan berwarna kuning. Bulatan kuning tersebut terbuat dari campuran gula dan mentega. Rasa kue ini dominan manis gurih karena didapat dari gula dan mentega. Makanan ini cocok di lidah setelah seharian berpuasa. Kue Asida atau Asidah adalah kue percampuran budaya Arab dan Maluku. Makanan ini mudah ditemukan di sepanjang jalanan di Maluku.

12. Papeda Ikan Kuah Kuning (Menu Buka Puasa Khas Papua)

Papeda adalah menu buka puasa legendaris dari Papua. Makanan ini terbuat dari bahan sagu mentah. Tepung sagu dicampur air panas mendidih sambil diaduk hingga merata. Tekstur papeda mirip lem yang kenyal dan warnanya bening. Karena rasa Papeda cenderung hambar, makanan ini biasanya dimakan bersama ikan kuah kuning. Ikan kuah kuning adalah ikan yang dimasak dengan campuran bumbu seperti daun kemangi, lengkuas, ketumbar, kunyit, dan serai.

menu buka puasa tradisional papua

Ikan kuah kuning ini memiliki rasa gurih dan sangat enak. Ikan kuah kuning juga dapat menghilangkan bau dari sagu pada Papeda. Untuk menambah rasa pedas, kamu bisa menambahkan sambal mentah atau sambal goreng. Papeda Ikan Kuah Kuning sangat enak disantap saat berbuka puasa. Masyarakat di wilayah Sorong, Raja Ampat, Teluk Bintuni, Kaimana, dan Fakfak kerap menyantap makanan ini saat berbuka puasa.

√ 12 Menu Buka Puasa Tradisional di Berbagai Daerah Indonesia 1
kontraktor rumah
bina rumah
pinjaman lppsa
pengeluaran kwsp
spesifikasi rumah
rumah ibs
pelan rumah
rekabentuk rumah
bina rumah atas tanah sendiri
kontraktor rumah selangor
rumah banglo syaifulloh bin imam muhtasari kontraktor bina rumah ibs saif muhtar

Source


kontraktor rumah, bina rumah, pinjaman lppsa, pengeluaran kwsp, spesifikasi rumah, rumah ibs, pelan rumah, rekabentuk rumah, bina rumah atas tanah sendiri, kontraktor rumah selangor, rumah banglo

Back to list