Artikel Terkini

‘Aisyiyah: Islam dan Muhammadiyah Setara dalam Memandang Kaum Laki-laki dan Perempuan

‘Aisyiyah: Islam dan Muhammadiyah Setara dalam Memandang Kaum Laki-laki dan Perempuan
‘Aisyiyah: Islam dan Muhammadiyah Setara dalam Memandang Kaum Laki-laki dan Perempuan 1

MUHAMMADIYAH.OR.ID, MAKASSAR – Muhammadiyah memandang bahwa perempuan dan laki-laki memiliki hak dan peran yang sama, karenanya tidak boleh ada diskriminasi terhadap perempuan. Demikian tegas Ketua Lembaga Penelitian dan Pengembangan ‘Aisyiyah (LPPA) Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah, Prof. Alimatul Qibtiyah.

“Tidak boleh ada diskriminasi terhadap perempuan. Dan yang paling penting, jangan sampai perempuan mempunyai beban berlebih, karena semua peran dibebankan kepadanya, padahal laki-laki bisa membantu meringankannya, termasuk tugas dalam rumah tangga,” tuturnya.

Dalam kuliah tamu untuk ‘Aisyiyah di Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Kamis (9/6), Komisioner Komisi Nasional (Komnas) Perempuan yang juga Guru Besar Bidang Kajian Gender UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta itu menjelaskan bahwa Islam sendiri juga menekankan tentang kesetaraan.

“Relasi laki-laki dan perempuan dalam posisi setara, tidak ada superioritas dan sub-ordinasi. Masing-masing memiliki potensi, fungsi, peran dan kemungkinan pengembangan diri. Islam mengajarkan kepada pemeluknya bahwa perempuan dan laki-laki setara di hadapan Allah,” imbuh alumnus Western Sydney University, Australia.

Selain memberi penjelasan tentang pandangan Islam dan Muhammadiyah dalam melihat kaum perempuan, Alimatul Qibtiyah juga berharap ‘Aisyiyah di Unismuh Makassar terus memperkuat program ketahanan keluarga dan pemberdayaan potensi mereka di ranah publik. Apalagi pada tahun 2022, tercatat sebesar 75 persen perceraian terjadi karena perempuan tidak sanggup menanggung beban pekerjaan sendirian.

Menyambung Alimatul Qibtiyah, Ketua Komunitas ‘Aisyiyah Unismuh Makassar sekaligus Dekan Fisip Unismuh Makassar, Dr Ihyani Malik mengatakan bahwa isu perempuan menjadi salah satu program kerja organisasi yang dipimpinnya.

“Isu perempuan menjadi salah satu program kerja Komunitas ‘Aisyiyah Unismuh Makassar yang baru dilantik kemarin (Rabu, 08 Juni 2022, red),” terangnya.

Adapun anggota Komunitas ‘Aisyiyah Unismuh Makassar beranggotakan dosen dan karyawan perempuan di Unismuh Makassar. (afn)

‘Aisyiyah: Islam dan Muhammadiyah Setara dalam Memandang Kaum Laki-laki dan Perempuan 1
kontraktor rumah
bina rumah
pinjaman lppsa
pengeluaran kwsp
spesifikasi rumah
rumah ibs
pelan rumah
rekabentuk rumah
bina rumah atas tanah sendiri
kontraktor rumah selangor
rumah banglo syaifulloh bin imam muhtasari kontraktor bina rumah ibs saif muhtar

Source


kontraktor rumah, bina rumah, pinjaman lppsa, pengeluaran kwsp, spesifikasi rumah, rumah ibs, pelan rumah, rekabentuk rumah, bina rumah atas tanah sendiri, kontraktor rumah selangor, rumah banglo
syaifulloh bin imam muhtasari kontraktor bina rumah ibs saif muhtar
syaifulloh bin imam muhtasari kontraktor bina rumah ibs saif muhtar
syaifulloh bin imam muhtasari kontraktor bina rumah ibs saif muhtar

Back to list