Artikel Terkini

Apa Hukum Memakai Kalung Bagi Pria dan Wanita ?

Apa Hukum Memakai Kalung Bagi Pria dan Wanita ?
Apa Hukum Memakai Kalung Bagi Pria dan Wanita ? 1

Apa hukum memakai kalung bagi pria dan wanita ? Seperti kita tahu, kalung adalah salah satu jenis aksesoris seperti halnya gelang dan cincin. Kalung juga merupakan salah satu jenis aksesoris perhiasan yang paling banyak dipakai oleh para wanita. Namun begitu, tidak jarang kita menemui ada laki-laki atau pria yang juga memakainya. Lalu bagaimana islam memandang hal ini ? Apakah pria boleh memakai kalung seperti halnya wanita ?

Hukum Memakai Kalung Bagi Pria

Tidak seperti wanita, laki-laki atau pria tidak diperbolehkan memakai perhiasan terbuat dari emas, apapun bentuknya. Hukum memakai kalung emas bagi laki-laki menurut agama Islam adalah haram, bahkan dosanya sangat berat. Dalilnya adalah hadits Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam berikut ini:

أُحِلَّ الذَّهَبُ وَالْحَرِيرُ لِإِنَاثِ أُمَّتِي وَحُرِّمَ عَلَى ذُكُورِهَا

Emas dan sutra dihalalkan bagi para wanita dari ummatku, namun diharamkan bagi para lelaki. (HR. an-Nasai, No. 5148)

hukum memakai kalung bagi pria

Hadits lainnya juga menerangkan bahwa pria tidak boleh memakai perhiasan bahkan cincin yang terbuat dari emas. Dari Ibnu Abbas Radhiyallahu Anhuma, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam melihat ada sahabatnya yang memakai cincin emas. Beliau langsung mengambilnya dan membanting cincin itu sambil mengatakan,

يَعْمِدُ أَحَدُكُمْ إِلَى جَمْرَةٍ مِنْ نَارٍ فَيَجْعَلُهَا فِى يَدِه

Kalian sengaja mengambil sepotong neraka dan meletakkannya di tangan kalian. (HR. Muslim, No. 5593)

Dari 2 hadits di atas, kita bisa simpulkan bersama bahwa hukum memakai kalung yang terbuat dari emas bagi laki-laki adalah haram. Lalu bagimana hukumnya memakai kalung yang tidak terbuat dari emas untuk laki-laki ?

Hukum Menggunakan Kalung Perak

Laki-laki yang memakai kalung terbuat dari emas hukumnya adalah haram dan berdosa besar. Lalu bagaimana jika ada laki-laki yang memakai kalung tidak terbuat dari emas, misalnya dari perak, kuningan, tali, batu, dan lainnya ?

hukum memakai kalung bagi wanita

Jika maksud atau niat memakai kalung selain emas adalah untuk menjadikannya sebagai perhiasan, perbuatan ini termasuk tindakan menyerupai wanita. Karena menggunakan kalung sebagai perhiasan adalah ciri khas wanita. Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Sallam melaknat pria yang menyerupai wanita, atau sebaliknya.

لَعَنَ رَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – الْمُتَشَبِّهِينَ مِنَ الرِّجَالِ بِالنِّسَاءِ ، وَالْمُتَشَبِّهَاتِ مِنَ النِّسَاءِ بِالرِّجَالِ

Rasulullah shallallahu Alaihi Wa Sallam melaknat laki-laki yang menyerupai wanita dan wanita yang menyerupai laki-laki. (HR. Bukhari, No. 5885)

Yang dimaksud meniru di sini juga termasuk memakai pakaian dan perhiasan yang biasanya dipakai oleh wanita. Hal ini dipertegas oleh hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu yaitu,

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- لَعَنَ الرَّجُلَ يَلْبَسُ لُبْسَةَ الْمَرْأَةِ وَالْمَرْأَةَ تَلْبَسُ لُبْسَةَ الرَّجُلِ

Rasulullah shallallahu Alaihi Wa Sallam melaknat laki-laki yang memakai pakaian wanita, begitu pula wanita yang memakai pakaian laki-laki. (HR. Ahmad, No. 8309)

Imam Ibnu Utsaimin mengatakan, Lelaki yang memakai kalung selain emas untuk dijadikan perhiasan hukumnya haram. Karena ini adalah bagian dari meniru wanita. Sedangkan, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam melaknat lelaki yang meniru wanita, begitupun sebaliknya.

Pakai Kalung Bukan Sebagai Perhiasan

Ada kalanya kita diminta untuk memakai kalung sebagai tanda pengenal. Misalnya jika Anda sedang melakukan perjalanan bersama banyak orang dan butuh memakai kalung sebagai penanda dari kelompok tertentu, maka hukumnya adalah dibolehkan. Kenapa dibolehkan ?

Karena pada dasarnya, keputusan untuk memakai kalung bukan dari keinginannya sendiri, melainkan untuk memudahkan mengenalkan dirinya sendiri ke kelompok atau orang lain. Selama bahan kalung yang digunakan tidak terbuat dari emas, maka hal ini diperbolehkan.

Hukum Memakai Kalung Bagi Wanita

Menurut hadits riwayat An-Nasai nomor 5148 di atas, emas dan sutera memang diharamkan untuk laki-laki, namun dihalalkan untuk wanita. Itu sebabnya, wanita boleh memakai emas, perak, atau apapun itu sebagai perhiasan dirinya. Wanita diperbolehkan memakai perhiasan bentuk apapun, mulai dari cincin, kalung, anting, dan lain sebagainya. Sedangkan laki-laki hanya diperbolehkan memakai cincin yang tidak terbuat dari emas.

Apa Hukum Memakai Kalung Bagi Pria dan Wanita ? 1
kontraktor rumah
bina rumah
pinjaman lppsa
pengeluaran kwsp
spesifikasi rumah
rumah ibs
pelan rumah
rekabentuk rumah
bina rumah atas tanah sendiri
kontraktor rumah selangor
rumah banglo syaifulloh bin imam muhtasari kontraktor bina rumah ibs saif muhtar

Source


kontraktor rumah, bina rumah, pinjaman lppsa, pengeluaran kwsp, spesifikasi rumah, rumah ibs, pelan rumah, rekabentuk rumah, bina rumah atas tanah sendiri, kontraktor rumah selangor, rumah banglo

Back to list