Artikel Terkini

Berusia 100 Tahun Nenek di Italia Perbarui Surat Izin Mengemudi Mobil

Berusia 100 Tahun Nenek di Italia Perbarui Surat Izin Mengemudi Mobil
Berusia 100 Tahun Nenek di Italia Perbarui Surat Izin Mengemudi Mobil 1

Hidayatullah.com– Seorang wanita Italia berusia 100 tahun telah memperbarui surat izin mengemudi (SIM) mobil, menjadi setidaknya orang ketiga yang berusia seratusan tahun di negara itu yang dinyatakan layak berada di belakang kemudi kendaraan bermotor beberapa tahun terakhir.

Candida Uderzo diberi SIM baru setelah lulus tes mata di sebuah sekolah mengemudi di Provinsi  Vicenza di bagian utara Italia.

Nenek berumur 100 tahun yang lincah itu mengatakan dia lebih suka mandiri dan tidak membebankan putranya untuk mengantarnya ke mana-mana.

“Pembaruan SIM ini membuat saya bahagia dan akan membuat saya agak lebih bebas juga,” kata Uderzo kepada koran Italia Corriere della Sera seperti dilansir The Guardian Rabu (8/6/2022).

“Saya beruntung, saya berusia 100 tahun, dan bertubuh sangat sehat juga merupakan kejutan bagi saya. Saya tidak pernah minum obat, hanya pil tidur biasa sesekali.”

Dia mengatakan penglihatannya sangat baik sehingga dia dapat membaca koran tanpa perlu kacamata.

Uderzo mengatakan satu-satunya penyesalan dalam hidup adalah kehilangan suaminya ketika dia masih relatif muda.

“Namun, saya memutuskan bahwa masih tetap hidup berarti berusaha menikmatinya sebanyak mungkin,” katanya kepada Corriere. 

“Saya kemudian mulai berjalan kaki bersama teman-teman, itu membantu saya mengatasi kesedihan. Setelah pensiun, saya bergabung dengan kelompok jalan kaki dan tidak pernah melewatkan jalan-jalan sejak itu. Setiap hari Ahad pukul 6 pagi saya siap berangkat.”

Populasi orang yang berusia 100-an tahun di Italia merupakan salah satu yang tertinggi di Eropa dan jumlahnya terus meningkat, menurut data yang dirilis badan statistik Nasional Italia Istat awal Mei. Jumlah mereka sekarang 20.456, naik dari 14.456 pada 2019.

Tidak jelas berapa banyak yang masih layak mengemudi. SIM untuk orang berusia atas 80-an diperbarui setiap dua tahun dan pengemudi harus memberikan sertifikat medis untuk memastikan mereka sehat secara fisik dan mental.

Seorang pria di Sisilia yang tahun lalu berusia 100 tahun merayakan perpanjangan SIM dengan membeli mobil baru, mengatakan kepada media lokal pada saat itu bahwa dia tidak pernah mengalami kecelakaan lalu lintas dalam hidupnya. 

Seorang pria di wilayah Campania yang juga merayakan ulang tahunnya yang ke-100 tahun lalu mengatakan tidak berniat meninggalkan mobilnya.*

Rep: Ama Farah
Editor: Dija


Berusia 100 Tahun Nenek di Italia Perbarui Surat Izin Mengemudi Mobil 1
kontraktor rumah
bina rumah
pinjaman lppsa
pengeluaran kwsp
spesifikasi rumah
rumah ibs
pelan rumah
rekabentuk rumah
bina rumah atas tanah sendiri
kontraktor rumah selangor
rumah banglo syaifulloh bin imam muhtasari kontraktor bina rumah ibs saif muhtar

Source


kontraktor rumah, bina rumah, pinjaman lppsa, pengeluaran kwsp, spesifikasi rumah, rumah ibs, pelan rumah, rekabentuk rumah, bina rumah atas tanah sendiri, kontraktor rumah selangor, rumah banglo
syaifulloh bin imam muhtasari kontraktor bina rumah ibs saif muhtar
syaifulloh bin imam muhtasari kontraktor bina rumah ibs saif muhtar
syaifulloh bin imam muhtasari kontraktor bina rumah ibs saif muhtar

Back to list