Artikel Terkini

Putra Mahkota Saudi Presiden Turki Membahas Normalisasi Hubungan

Putra Mahkota Saudi Presiden Turki Membahas Normalisasi Hubungan
Putra Mahkota Saudi Presiden Turki Membahas Normalisasi Hubungan 1

Hidayatullah.com—Putra Mahkota Saudi Mohammad bin Salman (MBS) bertolak ke Turki pada hari Rabu untuk melakukan pembicaraan dengan Presiden Recep Tayyip Erdoğan. Pertemuan dua pemimpin negara ini akan membahas normalisasi hubungan mereka setelah tahun-tahun yang penuh gejolak, lapor Dailysabah.

Pada bulan April, Erdogan pergi ke Arab Saudi setelah perjalanan berbulan-bulan untuk memperbaiki hubungan antara kekuatan regional. Erdogan mengatakan pekan lalu bahwa dia dan MBS, pemimpin de facto Riyadh, akan membahas “sampai tingkat yang lebih tinggi” mereka dapat menjalin hubungan selama pembicaraan di Ankara.

Kunjungan itu diharapkan membawa “normalisasi penuh dan pemulihan periode sebelum krisis,” kata seorang pejabat senior Turki kepada Reuters dengan syarat anonim. “Era baru akan dimulai.” Pejabat itu mengatakan negosiasi tentang kemungkinan jalur pertukaran mata uang tidak bergerak “secepat yang diinginkan” dan akan dibahas secara pribadi antara Erdogan dan putra mahkota.

Perjanjian tentang energi, ekonomi dan keamanan akan ditandatangani selama kunjungan MBS, sementara sebuah rencana juga sedang dikerjakan untuk dana Saudi untuk memasuki pasar modal di Turki, tambah orang itu. Putra mahkota melakukan tur pertamanya di luar kawasan Teluk dalam lebih dari tiga tahun termasuk kunjungan ke Yordania.

Hubungan antara Ankara dan Riyadh memanas setelah regu pembunuh Saudi membunuh dan memotong-motong jurnalis Saudi Jamal Khashoggi pada 2018 di konsulat kerajaan di Istanbul. Turki telah membuka persidangan in absentia terhadap 26 warga Saudi yang dicurigai dalam pembunuhan Khashoggi, tetapi pengadilan awal tahun ini memutuskan untuk menghentikan proses dan mentransfer kasus tersebut ke Arab Saudi, membuka jalan bagi pemulihan hubungan negara-negara tersebut.

Selama tahun lalu, Ankara telah memulai dorongan diplomatik untuk mengatur ulang hubungan dengan kekuatan regional seperti Israel, Mesir, Uni Emirat Arab (UEA) dan Arab Saudi setelah bertahun-tahun antagonisme. Erdogan telah menegaskan kembali bahwa Turki berharap untuk memaksimalkan kerja samanya dengan Israel, Mesir, dan negara-negara Teluk “atas dasar menang-menang,” pada saat Ankara mengintensifkan diplomasi untuk memperbaiki hubungannya yang penuh dengan kekuatan regional ini setelah bertahun-tahun ketegangan.

Arab Saudi pada bagiannya telah berusaha untuk memperluas aliansinya pada saat hubungan antara Riyadh dan Washington tegang. *

Rep: Ahmad
Editor: –


Putra Mahkota Saudi Presiden Turki Membahas Normalisasi Hubungan 1
kontraktor rumah
bina rumah
pinjaman lppsa
pengeluaran kwsp
spesifikasi rumah
rumah ibs
pelan rumah
rekabentuk rumah
bina rumah atas tanah sendiri
kontraktor rumah selangor
rumah banglo syaifulloh bin imam muhtasari kontraktor bina rumah ibs saif muhtar

Source


kontraktor rumah, bina rumah, pinjaman lppsa, pengeluaran kwsp, spesifikasi rumah, rumah ibs, pelan rumah, rekabentuk rumah, bina rumah atas tanah sendiri, kontraktor rumah selangor, rumah banglo
syaifulloh bin imam muhtasari kontraktor bina rumah ibs saif muhtar
syaifulloh bin imam muhtasari kontraktor bina rumah ibs saif muhtar
syaifulloh bin imam muhtasari kontraktor bina rumah ibs saif muhtar

Back to list