Artikel Terkini

Regenerasi Naskah Lakon oleh Anak-anak Muda

Regenerasi Naskah Lakon oleh Anak-anak Muda
Regenerasi Naskah Lakon oleh Anak-anak Muda 1

Nunung Deni Puspitasari: Regenerasi Naskah Lakon oleh Anak-anak Muda

Bantul, Bangkitmedia.com. Dinas Kebidayaan Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar Workshop Penulisan Puisi, Cerpen, dan Naskah Lakon yang didanai oleh Danakes pada Kamis, 16 Juni 2022, yang bertempat di Taman Parkir Salam, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Agar Anak-anak muda tertari dalam membuat naskah lakon kita harus berangkat dari fungsinya dulu, naskah lakon itu sebenarnya alat komunikasi orang ketika mementaskan di atas panggung, artinya kalau ingin punya ketertarikan atau suka ya harus nonton dulu.

Sebenarnya awal sekali itu harus nonton pertunjukan dulu, nonton perrunjukan apa saja lah karena sekarang kan juga banyak ya pilihannya, bisa teater, bisa performent Art, Bisa pertunjukan kontenporer yang disitu itu logika-logika panggung bisa terlihat langsung, sehingga nanti kalau diturunkan dalam bentuk teks itu bisa lebih mudah.

Selain itu juga referensinya harus banyak membuat naskah lakon tentusaja, karena teknik penulisan naskah lakon itu kan beda dengan cara penulisan cerpen, novel itu berbeda. Logika, susunan yang harus ada seperti dialog, pemaparan itu bentuk tulisannya berbeda dengan cerpen dan novel. Jadi banyak nonton dan baca naskah untuk referensi.

Nunung Deni Puspitasari: Regenerasi Naskah Lakon oleh Anak-anak Muda

Harapan saya dalam acara ini adalah Regenerasi. Karena kadang kita itu terjebak pada naskah yang lama kayak berulang-ulang saja, kadang secara informasi belum up to date gitu, dan hanya begitu-begitu saja.

Harapanku karena ini yang membuat anak muda, pandangan anak muda terhadap peristiwa, terhadap perilaku, terhadap kegelisahannya, terhadap apapun itu bisa ter refresh nggak hanya monoton itu-itu saja, naskah lakon yang sekarang itu harus dinamis gitu ngga harus serius-serius banget, sebenarnya serius tapi bisa dengan bahasa yang lebih muda gitu, bahasa yang kekinian di masa sekarang. Tegas Ibu Nunung.*****

Narasumber: Ibu Nunung Deni Puspitasari (Pemateri Naskah Lakon)

Reporter: Irfan Fais

 

Regenerasi Naskah Lakon oleh Anak-anak Muda 2


Regenerasi Naskah Lakon oleh Anak-anak Muda 1
kontraktor rumah
bina rumah
pinjaman lppsa
pengeluaran kwsp
spesifikasi rumah
rumah ibs
pelan rumah
rekabentuk rumah
bina rumah atas tanah sendiri
kontraktor rumah selangor
rumah banglo syaifulloh bin imam muhtasari kontraktor bina rumah ibs saif muhtar

Source


kontraktor rumah, bina rumah, pinjaman lppsa, pengeluaran kwsp, spesifikasi rumah, rumah ibs, pelan rumah, rekabentuk rumah, bina rumah atas tanah sendiri, kontraktor rumah selangor, rumah banglo
syaifulloh bin imam muhtasari kontraktor bina rumah ibs saif muhtar
syaifulloh bin imam muhtasari kontraktor bina rumah ibs saif muhtar
syaifulloh bin imam muhtasari kontraktor bina rumah ibs saif muhtar

Back to list