Artikel Terkini

RS PKU Muhammadiyah ini Berikan Solusi atas Masalah Sulitnya Mencari Lahan Pemakaman

RS PKU Muhammadiyah ini Berikan Solusi atas Masalah Sulitnya Mencari Lahan Pemakaman
RS PKU Muhammadiyah ini Berikan Solusi atas Masalah Sulitnya Mencari Lahan Pemakaman 1

MUHAMMADIYAH.OR.ID, YOGYAKARTA— Saat ini selain menghadapi sulitnya lahan untuk tempat tinggal atau membangun rumah atau hunian, sejumlah masyarakat urban juga mengalami kesulitan dalam mencari lahan tanah untuk pemakaman.

Merespon hal itu, RS PKU Muhammadiyah Kota Yogyakarta mencoba mengurai benang kusut permasalahan ini dengan membuka Layanan Husnul Khotimah, yaitu pelayanan jasa taman makam muslim, bagi mereka yang kesulitan mencari lahan pemakaman.

Tawakal Akbar Djarot, SPv Bina Ruhani RS PKU Muhammadiyah Kota Yogyakarta menuturkan, Layanan Husnul Khotimah ini sebagai solusi atas semakin sulitnya mencari lahan bagi masyarakat urban yang jumlahnya terus bertambah, namun tidak diimbangi dengan luasan lahan untuk pemakaman.

“Masalah lain timbul karena Jogja sendiri kekurangan tempat atau lahan terbuka untuk area pemakaman, sedangkan angka pertumbuhan penduduk berbanding lurus dengan kematian.” Tuturnya dalam siaran yang diterima redaksi muhammadiyah.or.id, Jumat (30/9).

Taman Makam Husnul Khotimah beralamat di Dukuh Donomulyo, Kecamatan. Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pembangunan taman makam muslim seluas lebih dari 1 hektar ini sebagai media dakwah Muhammadiyah dan memberikan layanan pemakaman sesuai dengan syariat Islam.

Dia menambahkan, hal ini dalam rangka dakwah dan ibadah RS PKU Muhammadiyah Kota Yogyakarta. Jalur dakwah ini belum mendapat perhatian, padahal ini adalah realitas yang dihadapi oleh masyarakat kekinian. Selain menyediakan lahan tanah untuk pemakaman, RS PKU Muhammadiyah Kota Yogyakarta juga memberikan perawatan jenazah mulai dari memandikan , mengkafani, menyalatkan dan menguburkannya secara islami sesuai paham keagamaan yang dirumuskan oleh Majelis Tarjih Muhammadiyah.

Sementara itu dalam kesempatan berbeda, Ketua PP Muhammadiyah, dr. Agus Taufiqurrahman sekaligus BPH RS PKU Muhammadiyah Kota Yogyakarta mengatakan, pelayanan yang diberikan Muhammadiyah mulai dari buaian sampai liang lahat (minal mahdi ilal lahdi).

Bahkan sebelum ditimang, kata dr Agus, Muhammadiyah telah memberikan pelayanan yang bisa diakses oleh ibu yang mengandung melalui pelayanan di rumah sakit-rumah sakit milik Muhammadiyah.

“Bahkan kalau dipanggil pun PKU Muhammadiyah punya layanan bina rohani yang mengantarkan khusnul khotimah, bahkan sampai dijemput PKU tidak berhenti untuk mengawal dan menyediakan tempat pemakaman muslim,” imbuhnya.

RS PKU Muhammadiyah ini Berikan Solusi atas Masalah Sulitnya Mencari Lahan Pemakaman 1
kontraktor rumah
bina rumah
pinjaman lppsa
pengeluaran kwsp
spesifikasi rumah
rumah ibs
pelan rumah
rekabentuk rumah
bina rumah atas tanah sendiri
kontraktor rumah selangor
rumah banglo syaifulloh bin imam muhtasari kontraktor bina rumah ibs saif muhtar

Source


kontraktor rumah, bina rumah, pinjaman lppsa, pengeluaran kwsp, spesifikasi rumah, rumah ibs, pelan rumah, rekabentuk rumah, bina rumah atas tanah sendiri, kontraktor rumah selangor, rumah banglo
syaifulloh bin imam muhtasari kontraktor bina rumah ibs saif muhtar
syaifulloh bin imam muhtasari kontraktor bina rumah ibs saif muhtar
syaifulloh bin imam muhtasari kontraktor bina rumah ibs saif muhtar

Back to list